Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula Yang Kamu Harus Tau!

Bisnis usaha waralaba atau yang biasa lebih dikenal dengan Franchise memang semakin tumbuh dan berkembang pesat di Indonesia.

Mulai dari orang biasa hingga artis juga mulai menggeluti bisnis franchise. Ada pula beberapa hal yang wajib kalian ketahui sebelum memulai bisnis franchise. Salah satunya adalah kalian harus mengetahui apa perbedaan Frachisor dan Franchisee.

Franchisor atau pemberi waralaba adalah, badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas usaha yang dimilikinya.

Franchisee atau penerima waralaba adalah, badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.

Bisnis franchise dianggap sebagai cara yang paling aman karena kalian tidak memulai semuanya dari nol. Produk dan strategi penjualan sudah disiapkan oleh sang pemilik bisnis, yang kalian butuhkan adalah menyiapkan modal dan melanjutkannya.

Namun, jika membayangkan membuka bisnis franchise akan sangat meringankan kerja kalian, maka hal itu hanyalah bayangan semata.

Layaknya bisnis-bisnis lainnya, membuka bisnis franchise juga memerlukan upaya agar terus berkembang. Diperlukan ketekunan dan fokus agar bisnis franchise mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan.

Banyak orang tertarik pada bisnis jenis ini, tetapi banyak pula yang masih bingung harus memulai dari mana.

Pada dasarnya, bisnis franchise hanyalah sebuah sistem pemasaran yang dilakukan oleh pemilik untuk memperluas bisnisnya. Untuk mencapai sukses bisnis franchise, kalian perlu melakukan usaha-usaha lainnya.

Setelah kalian tahu, ada hal lain yang juga harus kalian pahami, nah, untuk kalian yang ingin membuka bisnis franchise, di bawah ini kami akan berikan beberapa tips yang harus kalian ketahui sebelum berbisnis.

1.Sesuaikan Dengan Minat dan Lakukan Pengecekkan

Sesuaikan Dengan Minat dan Lakukan Pengecekkan

Berbisnis sama seperti menggeluti hobi, jika kalian tidak menyukainya maka bisnis tersebut tidak akan berjalan dengan optimal.

Berbisnis juga termasuk ke dalam bekerja, jika kalian tidak ahli di dalamnya, maka akan sulit untuk berkembang. Hal ini pun berlaku bagi kalian yang ingin memulai bisnis franchise.

Sebelum benar-benar memutuskan jenis bisnis dan merek apa yang akan dipilih, carilah informasi terlebih dahulu dan lihat apakah bisnis tersebut sesuai dengan kalian.

Liat keahlian yang dibutuhkan dalam pengembangannya. Kalian mungkin akan mendapatkan pelatihan dasar tergantung jenis franchise yang ditawarkan. Namun tetap dibutuhkan kemauan dan skill kalian untuk mengembangkannya.

Bisnis franchise memiliki beberapa pilihan, dimulai dari restoran, kafe, salon, tempat kursus, hingga mini market. Cari tahu minat kalian, karena pemilihan bidang bisnis yang sesuai dengan minat, akan membuat kalian menjalankan bisnis dengan nyaman dan senang.

Setelah menentukan minat kalian dalam bisnis franchise, pastikan reputasi franchise pilihan kalian agar bisnis kalian berjalan baik dan nyaman. Bandingkan juga dengan beberapa franchise sejenis apakah cukup bagus dan dikenal banyak orang atau tidak.

2.Pilih Aplikasi Kasir Yang Benar dan Kenali Segmen Pasarnya

Pilih Aplikasi Kasir Yang Benar dan Kenali Segmen Pasarnya

Point of Sale, atau yang lebih dikenal sebagai Aplikasi Kasir, membantu kalian untuk mencatat pengeluaran yang terjadi pada saat bisnis sedang berlangsung. Berlangganan aplikasi kasir dapat membantu kalian.

Setelah mencari tahu franchise yang kalian pilih, kalian juga harus mengetahui segmen pasar bisnis franchise kalian. Jangan sampai segmen pasar kalian berbeda dengan yang menjadi targetnya selama ini.

3.Siapkan Modal dan Tentukan Lokasi

Siapkan Modal dan Tentukan Lokasi

Persiapkan modal yang cukup untuk bisnis franchise pilihan kalian. Jangan hanya bersandar pada modal yang diberikan pewaralaba karena hal tersebut hanyalah simulasi.

Dalam proses usaha, modal usahamu bisa jadi membengkak. Proses balik modal pun bisa jadi lebih lama dari yang diharapkan.

Carilah lokasi yang strategis untuk bisnis kalian. Pastikan lokasi yang kalian pilih adalah orang-orang yang menjadi sasaran bisnis kalian. Semakin strategis lokasi, semakin besar kemungkinan penjualan kalian meningkat.

Nah, itulah beberapa tips yang harus kalian ketahui sebelum kalian membuka bisnis franchise. semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian ya! Jangan lupa gunakan sosial media untuk promosi!